Budidaya Kepiting Tawar: Cara Mudah dan Menguntungkan untuk Pemula

budidaya kepiting tawar - IMG 9677

Pendahuluan

Kepiting tawar atau kepiting air tawar adalah salah satu jenis kepiting yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Selain harganya yang cukup lumayan, tingkat permintaan pasar akan kebutuhan akan daging kepiting tawar cukup tinggi.

Budidaya kepiting tawar memang memerlukan sedikit usaha dan waktu yang lebih lama compared to budidaya ikan maupun udang. Namun jika dijalankan dengan benar dan tepat, bisnis ini bisa menguntungkan. Berikut adalah tahapan-tahapan dan cara mudah melaksanakan budidaya kepiting tawar.

1. Persiapkan Kolam Budidaya Kepiting Tawar

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah kolam untuk budidaya kepiting tawar. Pastikan ukuran kolam yang disiapkan cukup besar dan sesuai dengan kebutuhan. Kepiting tawar membutuhkan banyak ruang untuk bergerak, misalnya dengan ukuran kolam 5x5 meter sudah cukup untuk memelihara sekitar 1.500 sampai 2.000 ekor kepiting tawar.

Pastikan kolam terlindung dari sinar matahari yang berlebihan dan berada di tempat yang cenderung teduh. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya overheat atau kematian kepiting akibat suhu air yang terlalu panas.

budidaya kepiting tawar - KEPITING

2. Masukkan Kepiting Tawar dan Pemberian Pakan

Setelah kolam siap, masukan kepiting tawar ke dalam kolam budidaya. Biasanya untuk pemula disarankan untuk menggunakan bibit kepiting tawar yang masih berukuran kecil dengan harga yang lebih terjangkau. Hal tersebut akan mempermudah dalam hal pemberian pakan dan pengelolaan kolam.

Untuk pemberian pakan, bisa menggunakan pakan buatan atau pakan alami berupa ikan-ikan kecil. Pastikan kualitas pakan yang diberikan baik dan sudah disterilkan agar tidak mengganggu kesehatan kepiting. Pemberian pakan dipilih dengan metode interval, misalnya setiap dua hari sekali dengan jumlah yang cukup untuk menjamin kecukupan asupan nutrisi bagi kepiting.

3. Periksa Suhu dan Kualitas Air Secara Berkala

Periksa suhu dan kualitas air kolam secara teratur untuk memastikan suhu air tetap stabil dan kualitas air masih dalam kondisi baik. Suhu air yang ideal untuk budidaya kepiting tawar berkisar antara 25-30 derajat Celcius dan pH air di antara 6-8.

Kualitas air yang buruk dapat memicu timbulnya penyakit dan gangguan kesehatan yang berakibat pada kematian kepiting tawar. Oleh karena itu perlu sering melakukan pergantian air dan pengecekan kondisi air secara berkala.

budidaya kepiting tawar - budidaya ikan mas

4. Panen Kepiting Tawar dan Jual di Pasar

Setelah beberapa bulan dan kepiting sudah berukuran cukup besar, saatnya melakukan panen. Pastikan kepiting tawar yang dipanen dalam kondisi sehat dan ukuran yang cukup besar agar lebih diminati oleh pasar.

Kepiting tawar bisa dijual langsung atau melalui tengkulak kepada pedagang kuliner terdekat. Harga jual kepiting tawar bervariasi tergantung dari kualitas dan ukuran kepiting tersebut.

5. Tips Sukses Budidaya Kepiting Tawar

  • Pastikan kualitas air kolam selalu dalam keadaan baik dan stabil.
  • Pemberian pakan yang cukup dan teratur sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan pertumbuhan kepiting tawar.
  • Penggunaan obat-obatan kimia apapun harap dilakukan sesuai dengan anjuran dan takaran yang tepat untuk menghindari dampak yang berbahaya.
  • Selalu jaga kebersihan kolam budidaya kepiting tawar agar terhindar dari bakteri, virus, dan jamur yang menyerang kepiting tawar.

budidaya kepiting tawar - kepiting bakau dan daging kepiting

Kesimpulan

Budidaya kepiting tawar adalah bisnis yang potensial untuk dilakukan dan bisa dihasilkan dengan nilai jual yang cukup tinggi. Namun, hal tersebut memerlukan waktu, kerja keras dan ketekunan serta kesabaran. Lakukan budidaya kepiting tawar dengan cara yang tepat, dan jangan lupa terapkan tips di atas agar keberhasilan Anda dalam bisnis budidaya kepiting tawar semakin meningkat.

budidaya kepiting tawar - 20120112 kepiting

budidaya kepiting tawar - 230243 199711783399251 100000812920775 469936 7130054 n

budidaya kepiting tawar - PICT0226

budidaya kepiting tawar - DSC03510

budidaya kepiting tawar - kepiting kacang pea crab

budidaya kepiting tawar - kepiting

budidaya kepiting tawar - aaa

budidaya kepiting tawar - Kp

budidaya kepiting tawar - cara budidaya kepiting soka2

budidaya kepiting tawar - kepiting dungeness crab

budidaya kepiting tawar - 230974 199713776732385 100000812920775 469943 4826699 n

budidaya kepiting tawar - Cara+Budidaya+Kepiting+Bakau

budidaya kepiting tawar - 14

budidaya kepiting tawar - krambah

budidaya kepiting tawar - WhatsApp%2BImage%2B2019 04 13%2Bat%2B22

budidaya kepiting tawar - kepiting

budidaya kepiting tawar - 20161029 160426

budidaya kepiting tawar - kepiting+soka+edit1

budidaya kepiting tawar - Budidaya%2BKepiting%2BBakau

budidaya kepiting tawar - Picture2

budidaya kepiting tawar - DSC03499

budidaya kepiting tawar - 4Ad buS4tNUZr0ZICD4a  5WEM5wKpcNFZNr0pLFswNsgRzQFL29Kq lHwByRwPfeHltzveOXy0SxAxy4q sxOj zAwfQ fJiSQ 6d0=w1200 h630 p k no nu

budidaya kepiting tawar - kepiting%2Bbakau

budidaya kepiting tawar - RUSTADI%2BLUKAN1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Budidaya Kepiting di Rumah: Panduan untuk Pemula

Budidaya Kepiting di Gresik