Budidaya Kepiting Keramba, Peluang Usaha Menjanjikan di Sektor Perikanan

budidaya kepiting keramba - Slide9

Pendahuluan

Perikanan menjadi salah satu sektor yang cukup menjanjikan untuk dijadikan sebagai usaha. Salah satu jenis ikan yang cukup populer adalah kepiting. Kepiting baik itu sebagai bahan makanan atau sebagai pengobatan alternative dipercaya memiliki banyak manfaat bagi manusia. Salah satu cara untuk memperoleh hasil tangkapan ikan yang bermutu adalah dengan memelihara kepiting keramba.

Apa itu Kepiting Keramba?

Kepiting keramba adalah salah satu jenis budidaya kepiting yang mulai banyak dilirik oleh para pengusaha perikanan. Kepiting ini dipelihara dalam keramba atau karamba yang dikhususkan untuk budidaya ini. Keramba yang biasanya terbuat dari jaring ini memiliki fungsi sebagai ember atau tempat sementara kepiting sebelum dipindahkan ke keramba yang lebih besar.

budidaya kepiting keramba - Screenshot 4

Keunggulan Budidaya Kepiting Keramba

1. Modal relatif terjangkau

Budidaya kepiting keramba bisa menjadi pilihan usaha menjanjikan karena keuntungan yang bisa didapatkan sangat besar. Selain itu, untuk memulai usaha ini modal yang dikeluarkan cukup terjangkau. Para pengusaha bisa memperoleh keuntungan jangka panjang meskipun dengan modal awal yang terbatas.

2. Tidak memerlukan lahan yang luas

Untuk memulai budidaya kepiting keramba tidak memerlukan lahan yang luas. Pengusaha hanya membutuhkan keramba atau karamba yang dipasang di laut atau sungai sebagai tempat pemeliharaan kepiting. Ini tentu lebih mudah dan praktis daripada membangun kolam secara permanen yang memerlukan lahan yang cukup luas.

3. Harga jual yang menguntungkan

Salah satu keunggulan budidaya kepiting keramba adalah harga jualnya yang cukup menguntungkan. Kepiting keramba yang dipelihara dengan baik bisa memiliki berat hingga 350 gram per ekor. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi para pengusaha perikanan dari Kepiting Keramba. Kepiting keramba yang siap untuk dipanen mempunyai harga jual yang cukup tinggi, sehingga para pengusaha bisa meraih keuntungan yang cukup menggiurkan.

Cara Budidaya Kepiting Keramba

1. Persiapan Keramba

Pada tahap awal, persiapkan keramba yang akan digunakan sebagai tempat pemeliharaan kepiting. Tentukan ukuran dan jenis keramba yang akan digunakan. Pasang keramba yang sudah dipersiapkan pada tempat yang dianggap cocok. Memilih lokasi pasang keramba bisa dilakukan dengan cara mencari ketersediaan jaring keramba yang biasanya disediakan oleh nelayan atau pengusaha perikanan lainnya.

2. Pemilihan Bibit Kepiting

Setelah keramba sudah dipasang, langkah berikutnya adalah memilih bibit kepiting yang akan dipelihara. Pastikan bibit kepiting yang dipilih sudah mencapai ukuran yang telah ditetapkan. Bibit kepiting dapat diperoleh dengan membelinya dari petani atau penangkap kepiting lainnya.

3. Cara Pemeliharaan Kepiting Keramba

Setelah bibit kepiting dipilih, langkah selanjutnya adalah memelihara kepiting dalam keramba. Pastikan bahwa kepiting dipelihara dalam kondisi yang sempurna. Kontrol kualitas air pada keramba ini sangatlah penting demi kelangsungan hidup kepiting. Hal ini untuk menjaga agar tingkat kematian kepiting dapat diminimalisir. Air keramba harus selalu dijaga agar kualitas air selalu berkualitas dan diperhatikan kesejukannya.

budidaya kepiting keramba - Kp

Kesimpulan

Kepiting keramba merupakan salah satu jenis budidaya kepiting yang menjanjikan. Selain menguntungkan, cara budidaya kepiting juga tidak memerlukan lahan yang luas, sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki keinginan untuk berbisnis di bidang perikanan. Semua orang dapat mempelajari cara budidaya kepiting keramba ini dengan mudah asal dilakukan dengan sungguh-sungguh dan berkomitmen untuk menggeluti usaha ini. Selain itu, pengusaha juga harus memperhatikan faktor lingkungan dalam memelihara kepiting keramba. Dalam melakukan budidaya kepiting keramba harus memperhatikan kualitas air dan hal-hal lainnya yang dapat mempengaruhi kesehatan kepiting. Dalam usaha ini kita dituntut untuk sabar dan telaten terhadap semua tahapan yang dihadapi, menjaga dan memperhatikan kondisi lingkungan budidaya serta bibit kepiting itu sendiri memiliki peran yang sangat penting. Jika dilakukan secara benar dan dikelola dengan baik, bisnis budidaya kepiting keramba dapat memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan bagi para pengusahanya.

budidaya kepiting keramba - 20120112 kepiting

budidaya kepiting keramba - KEPITING+BESAR

budidaya kepiting keramba - KEPITING

budidaya kepiting keramba - kepiting

budidaya kepiting keramba - 230243 199711783399251 100000812920775 469936 7130054 n

budidaya kepiting keramba - DSC03510

budidaya kepiting keramba - PICT0226

budidaya kepiting keramba - IMG 20150115 122617 731405

budidaya kepiting keramba - cara budidaya kepiting soka2

budidaya kepiting keramba - keramba%2Bkepiting%2Bbakau

budidaya kepiting keramba - WhatsApp%2BImage%2B2019 04 13%2Bat%2B22

budidaya kepiting keramba - aaa

budidaya kepiting keramba - cara budidaya kepiting soka

budidaya kepiting keramba - kepiting

budidaya kepiting keramba - budidaya laut benih kerapu tikus

budidaya kepiting keramba - kepiting

budidaya kepiting keramba - 4Ad buS4tNUZr0ZICD4a  5WEM5wKpcNFZNr0pLFswNsgRzQFL29Kq lHwByRwPfeHltzveOXy0SxAxy4q sxOj zAwfQ fJiSQ 6d0=w1200 h630 p k no nu

budidaya kepiting keramba - Picture2

budidaya kepiting keramba - kepiting%2Bkare

budidaya kepiting keramba - DSC03499

budidaya kepiting keramba - RUSTADI%2BLUKAN1

budidaya kepiting keramba - kepiting+soka+edit1

budidaya kepiting keramba - IMG 9677

budidaya kepiting keramba - Budidaya%2BKepiting%2BBakau

budidaya kepiting keramba - 230974 199713776732385 100000812920775 469943 4826699 n

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Budidaya Kepiting di Rumah: Panduan untuk Pemula

Budidaya Kepiting di Gresik